Timnas Indonesia U16 Kalahkan Vietnam
Timnas Indonesia U16 Kalahkan Vietnam

Timnas Indonesia U16 Kalahkan Vietnam

Posted on

Indonesia U-16 semakin mantap di puncak klasemen sementara grup A Piala AFF usai membekap Vietnam 4-2.

Timnas Indonesia U-16 kembali meraih hasil positif pada lanjutan Piala AFF U-16 . Garuda Asia mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 4-2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (2/8) malam WIB.

Berkat kemenangan tersebut timnas Indonesia U-16 semakin kukuh di puncak Grup A, mengungguli Vietnam yang sebelumnya memiliki poin identik.

Inisiatif serangan langsung dilakukan timnas Indonesia U-16 sejak awal laga dimulai. Kiper Vietnam dipaksa bekerja keras saat laga baru berjalan tiga menit ketika tendangan bebas dari jarak jauh mampu dieksekusi dengan keras dan akurat.

Namun, kesalahan Komang Teguh di kotak penalti, di mana ia menyapu bola terlalu lemah sehingga bisa dikuasai pemain Vietnam, membuahkan gol pertama untuk lawan.

Dinh Thanh Trung yang mendapat bola gratis, tidak menyiakan kesempatan dengan melepas tembakan mendatar ke arah kiri gawang Indonesia, membuat kiper Ernando mati langkah.

Garuda Muda semakin meningkatkan intensitas serangan ke wilayah Vietnam usai kemasukan. Peluang Indonesia melalui tendangan bebas pada menit ke-16 kembali kandas oleh penyelamatan kiper.

Pelatih Fakhri Husaini melakukan pergantian di awal untuk meningkatkan daya dobrak dengan memasukkan Mochamad Supriadi mengganti Amanar pada menit-27.

Hasilnya langsung terlihat dua menit berselang, pemain dengan nomor punggung 11 itu melakukan aksi individu dari sisi kanan pertahanan Vietnam untuk melewati tiga pemain sebelum menaklukkan kiper dalam situasi satu lawan satu.

Di sisa waktu, Indonesia beberapa kali mendapat peluang untuk mencetak gol tambahan, termasuk tendangan jarak jauh yang melenceng tipis tidak beberapa lama setelah gol penyama, namun hingga turun minum skor 1-1 tetap bertahan.

Babak kedua

Dua pergantian langsung dilakukan oleh pelatih Fakhri, Bagus Kahfi menggantikan Sutan Zico sementara Yadi Mulyadi digantikan Fajar F.

Kejelian sang pelatih kembali terbukti, Kahfi menjadi sosok yang sukses mencetak gol pembalik kedudukan pada menit ke-45. Ia membobol gawang Vietnam melalui titik putih setelah David Maulana dijatuhkan di kotak terlarang.

Vietnam nyaris langsung membalas ketika umpan silang ke kotak penalti tidak mampu diantisipasi dan bola mengarah ke pemain yang bebas, tapi sepakan volinya masih melambung tipis dari gawang Indonesia.

Bagus Kahfi kemudian mencetak gol keduanya pada pertandingan ini untuk menggandakan keunggulan Merah Putih. Ia mendapatkan umpan sangat manja dari saudara kembarnya, Bagas, yang melakukan aksi individu impresif sebelum melepas umpan.

Pertandingan semakin panas usai gol tersebut, sebuah insiden memaksa wasit mencabut kartu merah untuk masing-masing pemain di kedua tim. Vo Nguyen Hoang harus mandi lebih cepat, sementara Indonesia kehilangan Bagas Kaffa.

Sama-sama bermain dengan sepuluh orang, Komang kembali melakukan kesalahan dengan menjatuhkan pemain Vietnam di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih, Dinh Thanh Thuong yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna pada menit ke-73.

Di sisa waktu, Vietnam terus menggempur pertahanan Indonesia, tetapi kedisiplinan tinggi pertahanan Garuda Muda membuat Vietnam kesulitan. Bahkan, melalui serangan balik pada menit ke-83, Indonesia menyegel kemenangan melalui gol Andre Oktaviansyah.

Susunan pemain

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi, Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, Yudha Febrian, Andre O, David Maulana, Brylian Negietha, Yadi M, Amanar A, Sutan Zico.

Vietnam U-16: Duy Dung, Quoc Dan, Van Dai, Tien Long, Minh Dan, Van Chung, Duc Hoang, Nguyen Hoang, Thanh Thung, Thanh Tai, Quang Thuong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *