Ajang Asian Games 2018 Membantu Korea Bersatu
Ajang Asian Games 2018 Membantu Korea Bersatu

Ajang Asian Games 2018 Membantu Korea Bersatu

Posted on

Asian Games 2018 terbukti tak hanya sekadar ajang perebutan medali terbanyak yang melibatkan 45 negara. Multievent empat tahunan ini juga terbukti jadi momen penyatuan kedua negara yang pernah berseteru.

Sebelum Asian Games 2018, momen kedua negara menurunkan tim gabungan juga terjadi pada Olimpiade Musim Dingin 2018. Namun, saat itu hanya satu cabor yang dihuni tim unifikasi Korea, yakni hoki es.

Berbeda dengan Asian Games 2018 di mana terdapat tim unifikasi dalam tiga cabor, yakni basket, kano, dan dayung. Tim basket putri unifikasi Korea yang memulai petualangan lebih dulu dengan menghadapi Indonesia pada matchday pertama Grup A di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (15/8/20180).

“Kami sangat bangga dan bergembira bahwa Asian Games bisa berkontribusi pada proses perdamaian di semenanjung Korea. Tim Korea yang bersatu membuat sejarah dengan berkompetisi bersama untuk pertama kalinya di Asian Games dan kami menantikan untuk melihat tim lain beraksi dalam beberapa hari mendatang,” ujar Direktur Jenderal OCA, Husain Al Musallam.

Kesepakatan untuk membentuk tim gabungan terjadi pada pertemuan yang digagas OCA di Jakarta, 28 Juni 2018. Dari situlah tercetus keputusan untuk menurunkan tim gabungan dalam tiga cabor. Untuk cabor kano dan dayung akan digelar di Palembang.

“Pertandingan bola basket wanita membuktikan kekuatan olahraga untuk menyatukan manusia. Bukan hanya pemain dari Korut dan Korsel yang sama-sama, tapi juga para ofisial dan suporter. Melihat presiden dari dua Komite Olimpiade Nasional duduk berdampingan satu sama lain di area VIP adalah momen yang sangat penting,” ia menambahkan.

Tak hanya OCA, suporter pun ikut senang melihat para pemain Korut dan Korsel bahu membahu dalam mencetak kemenangan 108-40 atas Indonesia. Mereka berharap penyatuan ini juga merembet ke berbagai bidang.

“Itu sangat hebat karena bisa melihat mereka bermain bersama di Asian Games 2018 dan saya harap mereka bisa menang. Tapi saya tak bisa memastikan. Jadi kami hanya bisa berharap yang terbaik. Ini adalah simbol dari persatuan Korea dengan mereka bermain bersama,” kata Chong Mi, seorang suporter yang hadir di laga itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *